Rabu, 17 Maret 2010

Keuntungan Bunga Di Hari Kasih Sayang



Memberikan bunga kepada seseorang yang disayangi pada hari kasih sayang atau hari valentine menjadi tradisi unik turun-temurun. Tak heran jika pada tanggal 14 februari merupakan saat-saat panen bagi para penjual bunga.

Tak hanya toko bunga konvensional yang diserbu pembeli. Toko bunga yang memajang gerainya di internet pun turut kebanjiran order. Misalkan saja pengalaman agung budi priambodo yang menggawangi toko bunga.
Awalnya, budi yang diserahi toko bunga hati florist di sentra bunga terbesar se-asia, rawa belong, merasa penjualannya tidak terlalu bagus jika hanya mengandalkan penjualan offline. Lantas, pemuda yang pernah mengenyam pendidikan it tersebut meluncurkan situs tokobungaonline.net sejak empat tahun lalu.
Tak disangka, kini 90 persen penjualan bunga hati florist berasal dari pesanan secara online. Sampai detik ini, toko bunga sudah punya sekitar 400 pelanggan tetap dari berbagai perusahaan.
Menurut budi, pesanan bunga, terutama mawar, membengkak menjelang hari valentine. Uniknya, "berapa pun harga yang kami pasang, mawar selalu ludes," ujarnya. Tak heran jika menjelang hari valentine, budi menaikkan banderol harga bunga mawarnya sebanyak dua sampai tiga kali lipat.
Misalnya saja, paket buket 10 tangkai mawar jenis semi holland dijualnya seharga rp 300.000 per paket. Padahal, pada hari biasa harga paket tersebut hanya rp 150.000 saja. Dari harga biasa tersebut, margin yang diraup budi sudah mencapai 30 persen.
Untuk menarik pelanggan, dengan cerdik budi membundel paket tersebut dengan bonus menarik, seperti cokelat cadbury, mug, boneka, dan kartu ucapan. Selain itu, pelanggan yang memesan di bawah tanggal 10 februari bakal dapat potongan langsung rp 50.000 dan gratis biaya antar.
Dengan cara tersebut, tahun lalu budi sukses menghantarkan 70 paket bunga mawar segar ke alamat pelanggannya tepat pada tanggal 14 februari. Omset budi kala itu mencapai rp 60 juta dalam sehari. Tahun ini, budi menargetkan paket bunganya laku sampai 150 buket


Http://bisniskeuangan.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar